Diary BA Maba UHAMKA 2022




         Assalamualaikum Hallo semuanya perkenalkan nama saya Alnura Salsabila Destiana biasa dipanggil Bila. Saya berasal dari kota Bekasi. Saya dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Profesor Dr. Hamka. Btw Saya adalah seorang extrovert yang suka berkomunikasi dengan orang baru. Saya berasal dari kelompok 9 kami mempunyai yel yel dan jargon yakni sebagai berikut 

Yel-yel:
Mana dimana mana Anak Abi 
Anak-anak Abi ada di Walisongo
Mana dimana mana anak paling rajin
anak-anak rajin ada di walisongo 
Kelompok sembilan hey hey 2x
Kelompok sembilan klompok yang paling keceee

Jargon:
Kreatif,inovatif, Auraaa anaknya Abi 👏🏻 

Saya akan menceritakan pengalaman saya selama baitul arqam mahasiswa baru uhamka 16-18 september tahun 2022.

        Hari pertama kami diharuskan datang tepat waktu alias tidak terlambat kemudian setelah mahasiswa berdatangan kami di bariskan sesuai kelompok masing-masing, kebetulan saya mendapatkan kelompok 9 dengan kakak instruktur yaitu ka Abi Fauzi dari fakultas Agama Islam prodi Pendidikan Bahasa Arab. Setelah semua baris kemudian kami bergiliran per kelompok untuk naik ke aula Ahmad Dahlan di lantai 6 menggunakan tangga darurat sambil membawa barang-barang bawaan kami. di aula kami mendengarkan sambutan dari segenap dekan dan jajaranya kemudian kami menyanyikan lagu indonesia raya serta mars muhammadiyah. disaat itu juga ada perkenalan dari kakak-kakak instruktur yang hebat-hebat dan sangat menginspirasi. setelah acara pembukaan baitul arqam selesai kemudian kami kembali turun ke lantai satu dan naik ke atas masjid tepatnya di lantai 3. kami menerima materi dari kak Abi serta narasumber. kemudian setiap adzan kami segera turun untuk melaksanakan shalat berjamaah setelah itu makan bersama. kegiatan belajar selesai pada jam 10 malam. dilanjutkan untuk istirahat. Saya beristirahat di asrama laki-laki lantai 2, kamarnya sejuk serta kamar mandi yang lumayan luas. Namun jam tidur yang terlalu sedikit membuat saya masih merasakan kantuk saat shalat tahajud dilaksanakan pada jam 3 dini hari.

    hari kedua dilanjutkan dengan olahraga bersama yakni senam pagi, setelah senam selesai kami maan pagi dengan nasi uduk. kemudian kami kembali ke asrama untuk berganti baju batik rok hitam dan kerudung kuning. Kemudian kami melanjutkan kegiatan materi di lantai tiga masjid Darul Ulum. Di hari kedua terjadi hal yang sangat lucu. ternyata salah satu dari kami merupakan kaka tingkat semeter 7, padahal sebelumnya saya dan teman-teman saya selalu meledekinya karna ia selalu mengantuk dan terlihat lemas di saat materi kelas. Tiba-tiba saja semua yang ada di kelas panik karna mengetahui hal itu hahaha, tapi ya kami minta maaf apabila ada bercandaan yang menyinggung dirinya, untung ia orang yang santai dan asik. kemudian di hari kedua kami kumpul kembali di aula Ahmad Dahlan untuk lomba menyanyi mars Muhammadiyah dan pentas seni. kelompok 9 mengikuti kedua lomba tersebut dengan senang hati. untuk pentas seni kami kebagian menujukan pantonim ceritanya tentang maling yang masuk ke rumah namun ketahuan oleh pemiliknya. pertunjukan dari semua kelompok sangat menarik dan juga menghibur. Saya tampil dalam lomba mars Muhammadiyah, saat maju rasanya sangat tremor dan hasilnya kurang memuaskan, tapi takpalah setidaknya kami sudah mencoba yang terbaik.

    Hari ketiga atau hari terakhir kami menggunakan baju batik, rok hitam dan jilbab merah. kami kembali berkumpul di aula Ahmad Dahlan untuk penutupan acara baitul arqam gelombang 9 tahun 2022 ini. Ada pengumuman juara kelompok terbaik serta juara lomba mars Muhammadiyah. tidak disangka-sangka kelompok 9 mendapatkan juara kelompok terbaik 1, betul-betul speechless. kami mengira mungkin karna kami keseringan berbicara jargon kami "makasih-makasih" dimanapun dan kapanpun hahaha. saat kelompok kami dipanggil untuk maju kedepan panggung untuk menerima hadiah dan berfoto kami sangat senang dan segera maju. tidak lupa kami selfie sekelompok untuk dibuatkan jedag-jedug hahaha. Saat dibuka ternyata haidiahnya berisi banyak jajanan seperti waffle tango, mie kremes, wafer roll dan chiki taro kemudian kami membagi rata makanan tersebut ke masing-masing anak.

    Rasanya bam ini sangat menyenangkan saya jadi kangen temen-temen saya. mereka semua menyenangkan. Biasanya saya selalu ber-5 kemana pun, yakni bersama jubeh, dinda, nayla, dan oci. Namun sekarang Nayla dan Oci berbeda fakultas dan gedung kampus dengan kami bertiga karena mereka berdua berasal dari prodi kesehatan masyarakat yang gedungnya berada di Limau Jakarta Selatan. Biasanya kami selalu tertawa bersama dan mendiskusikan banyak hal, juga setiap sebelum tidur kami biasanya berkumpul untuk bercanda ria diwaktu malam. Namun rasanya hal itu tidak bisa terulang kembali, semoga saja hubungan kami tetap berjalan baik dan bisa bertemu dan bermain bersama di lain waktu serta kita semua selalu sehat dan selalu lindungan Allah swt aamiin ya rabbal alamin. 

    Untuk narasumber, serius inimah ternyata mahasiswa itu diajarkan untuk berfikir kritis dan aktif. berbeda jauh saat sekolah menengah, saya pikir dunia perkuliahan akan lebih sibuk dan memusingkan, semoga kita semua kuat sampai waktu yang ditentukan aamiin. Semua narasumbernya sangat inspiratif dan asik, kebanyakan dari mereka juga merupakan lulusan universitas Muhammadiyah prof. Dr. Hamka.

    Untuk ka Abi, ka abi orangnya sangat baik dan penyabar walaupun kita berisik dan ngeselin haha sering ngerasa bersalah sama ka Abi selama bam. Ka Abi orangnya terlalu bersemangat apalagi kalau udah jargon mahasiwa pasti soon bakal ikut demo demo depan dpr nih ka Abi untuk menyuarakan suara rakyat hahaha. juga ka Abi sepertinya orang yang terorganisir dalam menjalankan tugas sering menanyakan tugas sudah selesai atau belum, ka Abi cocok banget dah jadi guru, semangat ye kaa!

    Untuk diri saya pribadi saya sangat senang mengikuti baitul arqam ini karna menanmbah ilmu serta pengetahuan saya, juga menambah lingkup pertemanan menjadi semakin luas. yah walaupun tugas baitul arqam ini banyak sekali tidak ada hentinya hahaha. kami juga sering membuat mind mapping berkelompok saat di kelas, itu membuat kami semakin akrab satu sama lain serta menjalin kekompakan antar teman sekelompok. Pokoknya kenangan baitul arqam ini tidak akan bisa terlupakan karena sudah masuk highlights instagram saya haha mulai dari foto, video dan jedag jedug udah saya dokumentasikan disana tenang azaa. 

    Pesan saya untuk teman-tema yang rajin ya belajarnya semoga cita-cita kita semua tercapai aamiin, semoga apa yang disemogakan tersemogakan! jangan sombong-sombong sama anak-anak kelompok 9 kalau kita ketemu/ berpapasan oke. Untuk segala kekurangan dan kesalahan saya mohon dimaafkan karena saya bukan manusia super eakk. serius ini maaf ya kalo ada salah-salah kata dan sikap hehe terimakasih Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

    
    

Komentar